Kamis, 06 November 2014

Alat Musik Songah Iringi Jokowi Menuju Istana

Alat Tradisional dari Sumedang, Jawa Barat, yakni Songsongah citengah (Songah) akan ikut menyambut dan meramai acara Pesta Rakyat di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Senin (20/10/2014).
"Songah sebenarnya berasal dari Songsong. Songsong itu sendiri alat tradisional yang biasa digunakan untuk meniup kompor jaman dulu," ujar salah satu pemain Songah, Sunarya ki madhari
(42).
Lanjut Khrisna, Alat ini terbuat dari bambu. Tidak hanya itu, Khris dan dua orang temannya menggunakan pakaian yang terbuat dari bumbuai (buah rotan).
Menurutnya, musik tradisional ini dapat memberikan kesejukan dan unsur magis bagi masyarakat yang mendengarkan musik tradisional dari Sumedang ini. Namun, hal itu tidak terjadi karena kata Khris alat musik yang dibawanya kali ini tidak komplit.
"Kita cuma ada 10 personil dan tidak semua alat dibawa. Jadi semua akan baik-baik saja," jelas Khris.
Menurutnya, akan ada sekitar 15 lagu yang dimainkan Khris dan temannya untuk mengantarkan pak Jokowi dari HI menuju Istana Negara.
Khris menambahkan, lagu yang akan dimainkan seperti halo-halo bandung, salam tiga jari, layang-layang, dan lagu-lagu tradisional lainnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar